Rabu, 16 Mei 2012

Penjelasan Istilah-Istilah


      Beberapa waktu yang lalu saya mendapat tugas untuk mencari beberapa definisi dari beberapa istilah yang berkaitan dengan profesi konsultan dan software SAP. Definisi-definisi istilah yang saya jabarkan disini merujuk dari berbagai sumber. Daripada file-nya hanya tersimpan di laptop saja, maka lebih baik saya posting di blog. Siapa tahu ada yang memerlukan informasi yang terkandung dalam postingan ini. Selamat membaca. :) ·     

            ERP (Enteprise Resource Planning) adalah sistem yang mengintegrasikan semua fungsi bisnis perusahaan ke dalam sistem tunggal, yang dirancang untuk melayani kebutuhan masing-masing departemen yang berbeda dalam perusahaan. Ditinjau dari sisi sistem, ERP menitikberatkan pada hal integrasi fungsi bisnis. Sedangkan ditinjau dari sisi bisnisnya, ERP menitikberatkan pada hal efektifitas dan efisiensi proses operasional fungsi bisnis perusahaan sebagai hasil dari integrasi fungsi-fungsi bisnis yang telah dilakukan.

·         SCM (Supply Chain Management) adalah suatu konsep atau mekanisme untuk meningkatkan produktivitas total perusahaan dalam rantai pasokan melalui optimalisasi waktu, lokasi dan aliran kuantitas bahan. Dari sisi bisnis, SCM membantu mengelola rantai pasokan perusahaan  dengan efisien karena Supply Chain Management bisa membantu perusahaan untuk mendapatkan produk pada tempat yang tepat, waktu yang tepat dan jumlah yang tepat. Selain itu SCM juga memperkirakan permintaan, mengendalikan persediaan dan meningkatkan jaringan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan, pemasok, distributor dan mitra perusahaan. Ditinjau dari sisi sistem, SCM merupakan sistem lintas fungsi yang menggunakan teknologi informasi  yang bertujuan untuk menciptakan jaringan yang cepat dan efisien.

·         SRM (Supplier Relationship Management) adalah pendekatan komprehensif untuk mengelola interaksi suatu perusahaan dengan organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang digunakannya. Ditinjau dari sisi bisnis, tujuan dari SRM adalah untuk merampingkan dan lebih mengefektifkan proses antara perusahaan dan pemasoknya misalnya dalam hal pemilihan supplier. Sedangkan ditinjau dari sisi sistem, SRM  menghubungkan vendor ke master data SAP.

·         CRM (Customer Relationship Management) merupakan strategi dan usaha untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan. CRM menyimpan informasi pelanggan dan merekam seluruh kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan, serta membuat profil pelanggan untuk staf perusahaan yang memerlukan informasi tentang pelanggan tersebut. Ditinjau dari sisi sistem, CRM termasuk sistem teknologi informasi lintas fungsi yang mengintegrasikan proses-proses layanan pelanggan dalam penjualan, dan pemasaran. CRM juga mengintegrasikan proses ini dengan database operasi bisnis lainnya melalui web. Ditinjau dari sisi bisnis CRM memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk bisa menjalin hubungan yang baik dengan para konsumennya.

·         PLM (Product Life Cycle Management) yakni manajemen siklus dari suatu produk yang dipengaruhi oleh demand, customer needs, business trend dan competitor. Product life cycle ada empat tahap yaitu introduction, growth, maturity, dan decline. Jika ditinjau secara sistem PLM adalah bagaimana menyimpan setiap data dari produk dan data tersebut dijadikan sebagai dasar dalam melakukan inovasi untuk mempertahankan life cycle produk.      Sedangkan jika ditinjau dari sisi bisnis, PLM berfungsi untuk memaintain product cycle continuity agar suatu produk dapat bertahan lama di pasaran melalui inovasi-inovasi yang dilakukan.

·         HCM (Human Capital Management) adalah upaya untuk mengelola dan mengembangkan kemampuan manusia untuk mencapai tingkat signifikan yang lebih tinggi secara kinerjanya. Jika ditinjau dari sisi sistem, HCM adalah proses mengumpulkan master data keseluruhan human resource  yang akan digunakan dalam berbagai proses manajemen misalnya time management, payrol, dll. Sedangkan apabila ditinjau dari sisi bisnis, HCM adalah suatu cara untuk mengelola asset perusahaan yang berupa human resource  untuk mendukung tercapainya target-target bisnis perusahaan.
  •       Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan beberapa orang atau banyak orang yang biasanya mempunyai tujuan untuk memberikan informasi atau meyakinkan orang tentang suatu hal yang dipresentasikan.
  •   Negosiasi adalah sebuah proses perundingan antara beberapa pihak misalnya antara vendor dengan customer yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan tentang suatu hal yang sedang dirundingkan.
  •  Selling adalah kemampuan untuk menjual produk ataupun jasa kepada customer misalnya dengan menggunakan metode presentasi.
  •   Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi misalnya pesan, ide, atau gagasan dari satu pihak kepada pihak lain. Komunikasi bisa dilakukan secara verbal ataupun non verbal.
  • Leadership adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang-orang lain agar bisa bekerjasama sesuai dengan rencana yang telah dibuat demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Integritas adalah kemampuan untuk selalu berusaha bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai dan kebijakan yang dimiliki organisasi serta kode etik profesi.
  • ·Komitmen adalah kemauan untuk menyelaraskan perilaku pribadi dengan kebutuhan, prioritas dan tujuan organisasi.
  • Passion adalah sebuah bentuk perasaan/emosi terhadap suatu hal yang membuat seseorang merasa antusias terhadap sesuatu sehingga dalam mengerjakan sesuatu tersebut, dia merasa bukan suatu hal yang memberatkan.
  • Trust adalah sebuah bentuk kepercayaan yang diberikan oleh seseorang atau pihak tertentu atas dasar sesuatu misalnya kualitas pelayanan yang telah diberikan.
  • Profesional adalah sikap kerja yang selalu berusaha untuk menjalankan segala sesuatu sesuai dengan aturan yang ada.
  • Konsultan adalah seseorang yang mampu memberikan masukan atau solusi terhadap suatu permasalahan secara efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar